A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

GERAKAN PENANAMAN SATU MILYAR POHON

GERAKAN PENANAMAN SATU MILYAR POHON

Rabu, 29 Oktober 2014 12:16:41 admin dishutbun

 

MEULABOH - Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, telah menyalurkan 40 ribu pohon penghijauan untuk mengatasi lahan kritis di daerah itu melalui program "Penanaman Satu Miliar Pohon".

 

Kabid Kehutanan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Aceh Barat Anwar di Meulaboh, Sabtu mengatakan, sejumlah tanaman pohon penghijauan yang telah disalurkan itu adalah program dari pemerintah pusat tahun 2013.

 

Pada program tersebut, Aceh Barat dialokasikan sebanyak 40 ribu batang pohon dengan berbagai jenis, yakni mahoni, cemara, jabon, dan sengon. Sejumlah tanaman penghijauan itu dibagikan secara gratis kepada masyarakat, baik melalui instansi pemerintah, LSM, mahasiswa dan juga kepada masyarakat langsung.

 

Selain diberikan kepada masyarakat untuk ditanami pada lahan kosong dan kritis, pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Barat juga memberikan kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah itu untuk ditanami pada halaman sekolah.

 

Seperti disebutkan Anwar, dengan adanya bantuan tanaman penghijauan tersebut, sejumlah lahan kritis di wilayah Aceh Barat dapat ditanami dengan pohon.

 

Areal lahan kritis di wilayah Aceh Barat yang berada di kawasan luar hutan adalah seluas 17.549 hektare. Luasan areal lahan kritris tersebut sudah termasuk katagori sangat kritis, kritis dan belum terlalu kritis. Sementara luas areal kritis dalam kawasan hutan di Aceh Barat adalah 4.60 hektare.

 

"Lahan-lahan kritis tersebut, berada hampir di semua 12 kecamatan dalam wilayah Aceh Barat, baik yang ada dalam kawasan hutan maupun yang berada di luar kawasan hutan," ucap Anwar.

 

Oleh karena itu, dengan adanya bantuan tanaman penghijauan melalui "Satu Miliar Pohon" diharapkan dapat menutupi sejumlah lahan kritis yang ada di wilayah Aceh Barat. Begitu juga dengan adanya bantuan serupa tahun 2014, yang diharapkan dengan jumlah yang sama sebanyak 40 ribu pohon.

 

 

 

 



Prestasi

Mitra Kerja

Profil Pegawai